Sunday, March 11, 2012

Survei LSI: Pemilih NasDem Laki-Laki Kota, Pemilih Golkar Perempuan Desa


Ilustrasi (Dok Detikcom)
Jakarta Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan Golkar sebagai jawara dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai partai baru paling potensial jika pemilu legislatif digelar saat ini. Menurut LSI, pemilih dari dua partai tersebut memiliki karakter berbeda, pemilih Golkar cenderung kurang terpelajar, sedangkan pemilih NasDem lebih terpelajar.

"Pemilih NasDem cenderung dari kaum laki-laki, agak perkotaan, lebih muda, dan lebih terpelajar. Sebaliknya pemilih Golkar cenderung dari pedesaan, perempuan, dari kalangan yang lebih senior, dan cenderung kurang terpelajar," kata Peneliti LSI, Dodi Ambardi.

Hal tersebut disampaikan Dodi dalam acara diskusi 'Media Massa dan Sentimen Terhadap Partai Politik Menjelang Pemilu 2014' di Kantor LSI, Jl Lembang Terusan, Menteng, Jakarta, Minggu (11/3/2012).

Dodi menilai profil pemilih tersebut erat kaitannya dengan konsumsi berita dan talk show politik yang ada di media televisi. Menurut Dodi, pemilih NasDem cenderung kritis dan lebih punya preferensi terhadap berita dan talk show politik.

"Sedangkan pada dasarnya pemilih Golkar kurang kritis, dan mungkin bisa kritis setelah membaca berita kritis dan talk show kritis," jelas Dodi.

Dengan kurang memiliki preferensi politik, pemilih Golkar cenderung mudah terpengaruh oleh berita dan talk show politik. Dan menurut survei LSI, walaupun tidak signifikan, berita dan talk show politik di televisi cenderung memperkuat Golkar.

"Ada indikasi bahwa talk show di TV memperkuat Golkar," tutur Dodi.

Sebelumnya diberitakan bila Pemilu Legislatif (Pileg) dilaksanakan hari ini, maka Golkar akan menjadi pemenangnya. Sedangkan Partai Nasional Demokrat (NasDem), menjadi partai baru yang perolehan suaranya akan mengalahkan partai-partai lama yang selama ini ada di papan tengah.

Demikian hasil survei nasional Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada 25 Februari - 5 Maret 2012. Survei menjaring sampel sebanyak 2.418 responden yang punya hak pilih dalam pemilu dari 33 provinsi dengan margin error +/-2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode yang digunakan adalah wawancara tatap muka. Apabila pemilihan anggota DPR sekarang dilakukan saat ini, dengan pertanyaan semi terbuka memberi pengajuan daftar nama dan gambar partai peserta pemilu ditambah Partai NasDem dan Partai Nasional Republik (Nasrep), maka hasilnya menurut Survei LSI adalah sebagai berikut:

1. Golkar 17,7 persen
2. PDIP 13,6 persen
3. Demokrat 13,4 persen
4. Nasdem 5,9 persen
5. PKB 5,3 persen
6. PPP 5,3 persen
7. PKS 4,2 persen
8. Gerindra 3,7 persen
9. PAN 2,7 persen
10. Hanura 0,9 persen
11. Nasrep 0,5 persen
12. Lain-lain 8,7 persen
13. Belum tahu 23,4 persen

0 komentar:

Post a Comment

Pages