Sunday, March 11, 2012

Lilyana/Tontowi juara ganda campuran All England

Lilyana dan Tontowi
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil membawa pulang gelar juara All England ganda campuran, Gelar ganda campuran ini sekaligus merupakan gelar superseries premier pertama bagi Indonesia sejak ketegori bergengsi ini dimainkan mulai 2011.

Bagi Lilyana ini adalah gelar All England pertamanya setelah empat tahun lalu saat berpasangan dengan Nova Widianto gagal di babak final.
Pertandingan final ganda campuran ini berlangsung seru terutama di set kedua. Saat Lilyana/Tontowi sudah unggul lima angka, pasangan Denmark berhasil mengunci perolehan angka Indonesia dan bangkit mengejar.
Kecepatan Laybourn dan konsistensi Rytter Juhl berhasil mengejar perolehan angka hingga kedudukan imbang 19-19. Jika pasangan Denmark memenangkan set kedua maka kisahnya mungkin akan lain.
Namun, smes Tontowi, membuat pasangan Denmark mengembalikan bola dengan tanggung yang diteruskan dengan pukulan tipis Lilyana di bibir net.
Akibatnya, pasangan Denmark terlalu tinggi mengangkat bola sehingga akhirnya keluar lapangan. Dan pada saat match point Tontowi kembali melepaskan smes keras yang disusul pukulan mematikan Lilyana.
Kemenangan ini sekaligus menambah skor pertemuan Tontowi/Liliyana atas Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl menjadi 2-1. Tontowi/Liliyana mampu membalas kekalahan mereka pada pertemuan terakhir di China Open Superseries Premier 2011, lewat permainan dua gim dengan skor 17-21, 13-21.

Sebelumnya Tontowi/Liliyana juga pernah menundukkan Laybourn/Juhl di kandang sendiri, pada kejuaraan Indonesia Open Superseries Premier 2011, dalam dua gim langsung, 21-15, 21-14.

Kemenangan Tontowi/Liliyana sekaligus membawa kembali piala All England ke tanah air setelah absen selama sembilan tahun. Titel juara turnamen bergengsi ini terakhir kali diraih Indonesia lewat pasangan ganda putra Candra Wijaya/Sigit Budiarto pada 2003.


0 komentar:

Post a Comment

Pages